Search

Kamis, 18 Februari 2010

Situs Web Jejaring Sosial

Muhammad Adam
Teknik Informatika, Universitas Gunadarma.

Pendahuluan.

Sangat menariknya situs web jejaring sosial seperti facebook, friendster, game-online dll membuat perhatian kepada semua orang sampai membuat orang-orang ingin sekali ikut bergabung dalam situs web tersebut. Dan sehingga membuat situs web jejaring sosial tersebut memberikan fenomena yang baru untuk penggunaan teknologi informasi, sehingga orang-orang diseluruh dunia yang sebelumnya cuma berada di dunia nyata sudah beralih ke dunia ini(SWJS). Untuk apa sebenarnya mereka ingin bergabung? Sekedar melihat perkembangan zaman? Tidak hanya dampak positif di SWJS ini tetapi juga banyak sekali dampak negatif dalam SWJS. Pada dasarnya dampak positif maupun negatif tergantung dari pemikiran seseorang ingin apa mereka disini.

Dari beberapa pengumpulan kajian mengenai SWJS, telah dapat diketahui simpulan pengertian dari SWJS. SWJS di artikan oleh Boyd dan Elison sebagai situs web yang memberikan layanan bagi pengguna untuk mendirikan profil public atau semi public dalam suatu sistem dan juga untuk membangun daftar-daftar teman sebagai relasi untuk saling berbagi bagi para pengguna, serta mengubah daftar relasinya dalam sistem tersebut. Sedangkan bagi Ofcom SWJS di artikan sebagi situs yang menyediakan layanan pada pemakainya untuk membuat profil dan juga halaman pribadi dan membangunnya sebagai jejaring sosial online.
SWJS memberikan layanan-layanan unik untuk menarik kepada sekumpulan orang seperti memodifikasi halaman, berbagi foto, video dan juga musik. Halaman profil berisi informasi pribadi seperti nama, agama, jenis kelamin, hobi, bahkan fotonya bahkan motonya. Dan pengguna dapat membangun jejaring sosial yang dapat ditampilkan dalam bentuk daftar teman. Disini mereka dapat menemukan teman mereka dalam dunia nyata, mereka juga bisa berkenalan yang hanya dalam secara online, atau bahkan orang yang tidak mereka kenal sama sekali.

Macam-macam SWJS.

Saat ini SWJS terdapat bermacam bentuk untuk menarik orang-orang dari dunia nyata agar semakin lama dunia SWJS semakin diminati, ada yang membangun dengan konsep biasa yaitu [1] dengan membuat profil pribadi dengan sistem tidak terbatas untuk mencari teman, bahkan sekarang juga banyak sekali membangun [2] dengan konsep Game-Online.

Setelah menjelaskan secara ringkas mengenai SWJS tadi dan sekarang saya akan hanya menjelaskan secara detail tentang contoh dari SWJS yang bernama FACEBOOK dengan bagaimana awal terjadinya Facebook dan oleh siapa didirikannya bahkan dampak-dampak oleh Facebook itu sendiri tetapi tentu saja dengan penanganannya.


FACEBOOK

Facebook adalah SWJS yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 yang didirikan oleh Mark Zuckerberg, awalnya dibuat hanya dalam sekitar keanggotaan dari siswa Harvard College. Lalu diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston, Rochester, Stanford, NYU, Northwestern. Lalu dalam waktu satu tahun diperluas lagi sejak 11 September 2006 orang-orang dengan alamat e-mail apaun mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung ke dalam satu sampai tanpa batas sesuai dengan jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis.

Juli 2007, Facebook telah memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia dan sampai 2007 peringkatnya naik dari urutan ke-60 ke peringkat ke-7 situs yang paling banyak dikunjungi dan merupakan situs nomor satu di Amerika serikat mengungguli Flickr. Dan memang dunia telah terserang "demam Facebook". Banyak pengguna Friendster saat ini telah beralih ke Facebook dan jujur termasuk saya sendiri.

Memang banyak fitur menarik yang bisa didapatkan di dalam Facebook. Dan banyak juga orang yang menggunakan media Facebook untuk mempromosikan produk mereka karena banyaknya anggota Facebook. Namun ada pepatah yang isinya seperti halnya pisau yang dapat digunakan di dapur sebagai pemotong bahan makanan tetapi ada pula yang digunakan untuk tindak kriminal, dan Facebookpun demikian jika seorang pengguna ada dampak negatif yang akan disalahgunakan.

Efek Negatif Facebook.

Rata-rata orang menggunakan orang untuk update status, upload foto, mengobrol atau melihat dinding orang lain untuk menjadikan hal yang mengasyikkan dan membuat mereka menjadi lupa waktu. Hal yang biasa dirasakan oleh anggota Facebook. Bagi pasangan yang telah menikah, menggunakan facebook dapat menyebabkan keretakan dalam hubungan rumah tangga mereka. Dapat menyebabkan pertengakaran jika tedapat kata-kata romantis yang dilontarkan seorang lawan jenis kepada suami atau istri mereka. Dan bisa membuat kepercayaan kepada pasangan bisa luntur bila sang istri maupun suami mereka lebih sering berkomunikasi dengan lawan jenis mereka yang menyebabkan mereka bisa menjadi sangat lebih akrab dan terjadi cerita-menceritakan masalah kepada orang lain ketimbang pasangan mereka dan menjadi lebih tertarik kepada orang tersebut.

Mencatumkan biodata lengkap sampai ke nomor telepon atau alamat rumah dapat memancing orang yang tidak bertanggung jawab. Hal ini bila tidak diatur secara khusus, semua orang dapat membaca informasi ini. Dan jika informasi ini digunakan oleh orang yang berniat jahat maka hal itu dengan mudah dapat dilakukan. Bila tidak ingin terjadi hal tersebut, lindungilah privasi anda meski merasa yakin bahwa situs tersebut benar-benar aman. Bagikan informasi hanya kepada orang yang benar-benar kalian kenal. Abaikan ajakan pertemanan bila anda tidak percaya atau bila anda sudah curiga terhadap keanggotaan orang tersebut di Facebook. Dan jika anda telah mendapatkan ancaman atau tindakan yang tidak menyenangkan anda bisa melaporkan orang tersebut kepada pengelola Facebook.

Pantau Anak Anda!

Di negara kita negara Indonesia, penyalahgunaan Facebook bahkan SWJS lainnya telah banyak terjadi, dan contohnya yang tidak lama ini telah terjadi penculikan seorang siswi pelajar oleh salah satu anggota SWJS juga(tidak disebutkan namanya) dan membawa seorang siswi tersebut pergi jauh dari rumahnya. Orang tua dari si siswi tidak mengetahui keberadaan si siswi tersebut dan langsung melaporkan kepada pihak berwajib, setelah dipertemukan dan si pelaku dimintai keterangan ternyata mengakui mereka berhubungan di dalam dunia maya tersebut dan mereka sama-sama ingin bertemu sehingga si pelaku mengajak bertemu langsung dan membawanya pergi hingga beberapa hari.

Dari contoh di atas merupakan hal tragedi yang bisa di ambil pelajaran buat sang orang tua seluruhnya untuk bisa selalu memantau anak-anak anda. Untuk memantau anak anda dari segala sisi negatif yang berada di setiap jariangan sosial dunia maya tersebut.

Bila orang dewasa mampu tergila-gila dengan Facebook atau SWJS lainnya, terlebih lagi para remaja yang sedang senang dengan masanya yaitu berkenalan dengan orang lain sembari menunjukkan jati dirinya. Facebook menjadi tempat virtuall sebagai wadah pertemanan yang disukainya. Kurangnya rasa pengalaman para remaja juga membuat mereka sering menjadi sasaran empuk para penjahat khususnya pemangsa seksual dan kaum pedofilia.

Sebagai orang tua, Anda bisa menjaga dan melindungi anak-anak dari pengaruh buruk Facebook mupun SWJS lainnya dengan cara seperti berikut dan anda dapat mencobanya untuk dapat tetap mengontrol kegiatan Internet Anak-anak Anda melalui PC atau Laptop serta dari HP.

  1. Berupaya belajar tentang internet
Mungkin bagi banyak orang tua yang tidak mengerti perkembangan teknologi Internet, mempelajarinya merupakan tantangan tersendiri, tetapi, agar dapat memantau anak Anda Anda perlu mengerti tentang perkembangan Internet walaupun sedikit yang diketahuinya. Anda bisa belajar membuat email dan menggunakannya, chatting atau memiliki akun Facebook atau yang lainnya. Sehingga Anda bisa mengajari hal positif hal ini itu, dan anda juga bisa menjadi teman terbaik di Dunia Maya anak Anda sendiri. Anda juga jadi bisa mengontrol setiap status update anak anda. Tidak ada kata terlambat bagi Anda untuk hal-hal positif.

2. Beritahukan bahayanya yang mengintai penggunaan internet untuk kita.

Anda bisa mengingatkan anak Anda biarpun dunia internet menarik tetapi perlu tau dan waspada tentang bahaya Internet. Salah satunya dengan mengingatkan mereka untuk tidak memberitahukan data-data pribadi secara lengkap kepada orang yang baru dikenal dan jangan mencantumkan dalam profil pribadi anak Anda.

3. Bergaul secara wajar di dunia maya.

Beritahukan anak Anda agar tidak menerima semua orang yang ingin menjadi teman dlam situs jejaring sosial apapun walau ada hal yang disukai menurut anak Anda. Karena dalam memiliki teman di banyak tidak sangat penting di dunia maya. Dan jika ada orang asing yang diterima sebagai teman, orang asing ini dapat lebih mudah mengakses profil dan berbagai informasi tentang anak Anda. Dan beritahukan jangan terlalu akrab kepada orang-orang di dunia maya bahkan nasehati agar tidak menjalin hubangan di dalam dunia maya karena semuanya belum tentu benar, dan di dunia nyata bahkan lebih baik daripada dalam dunia maya.

4. Jangan biarkan anak Anda mengakses Internet tanpa pantauan secara langsung.

Untuk Anda yang meletakkan komputer dengan akses internet pada kamar merupakan kesalahan besar yang dilakukan Anda. Anak anda yang belum mengerti sepenuhnya bahaya internet menjadi bisa mengakses internet secara diam-diam tanpa sepengetahuan Anda, Di kamar tidur, anak dapat secara bebas mengakses internet tanpa diketahui, Untuk mencegah hal ini Anda sebaiknya meletakkan komputer di tempat yang banyak dilalui banyak orang, contoh diruang keluarga.

SWJS memang sangat bermanfaat untuk semua penggunanya bila digunakan dengan tepat, Anda bisa banyak mempunya pertemanan yang positif dan bermanfaat. Namun jangan mengendurkan kewaspadaan Anda, Karena dibalik kemanfaatannya jika disalahgunakan SWJS bisa menjadi bahaya yang menghancurkan keluarga Anda.

Penutup

Hal semua di atas adalah rancangan suatu model SWJS dan contohnya yang dapat dijadikan pelajaran bagi komunitas SWJS dan Anda pada khususnya. Kita bisa mengetahui tentang arti-arti dari SWJS dan contohnya dan menjadikan agar kita mengetahui sedikit tentang sebab-akibat dari SWJS dan contohnya tadi. Dan semoga hal itu bisa lebih dikembangkan lagi dengan model-model SWJS. Dan memang perkembangan teknologi makin hari semakin canggih, tetapi untuk itu semua kita juga perlu untuk selalu mewaspadainya dari hal-hal yang menyebabkan dampak negatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar